aku berfikir maka aku ada

Genk SMA JOGJA

Posted: Rabu, 17 Agustus 2011 by zero in
38


Genk SMA Jogja dari dulu sampai sekarang ternyata masih juga pada eksis.Di saat genk-genk yang lain udah pada bubar atau menghentikan aktivitasnya,anak-anak SMA Jogja masih aja ngeksis di dunia kayak gini.Khusus yang genk non sma,dari pengamatan emang udah banyak yang pada bubar,paling enggak dah gag ada kegiatan,masyarakat nampaknya sekarang udah cukup cerdas apa juga untungnya kayak ginian.Kekerasan jaman sekarang didominasi oleh ormas bukan lagi genk,kl genk gag dapet duit kalo ormas bisa dapet duit banyak,ya ga?

Ok stop ngomongin itu sekarang saatnya berbicara mengenai anak-anak sma yang penuh gairah,sesuai ama judul neh.Daerah Istimewa Jogjakarta biasa disebut dengan kota pelajar,namun nampaknya kerjaan para pelajarnya tidak hanya belajar semata tapi juga genk-genkan kayak gini.Menanggapi situasi yang semakin tidak kondusif,walikota jogja Pak Herry mencanangkan untuk menghapus beth sekolah (itu lho yang biasanya ada di sebelah kanan apa kiri) yang biasanya ada tulisan SMA mana gitu,serta meniadakan seragam khusus tujuannya supaya tidak diketahui ini dari sma mana2,biar di jalan tidak terjadi pemukulan atau perkelahian.Hal tersebut berlaku bagi sekolah2 negeri.

Meski mampu sedikit mengurangi perkelahian namun ternyata tidak bisa menghapus begitu saja keberadaan genk-genk SMA.Hampir di setiap sekolah pasti ada genknya disana,enggak negeri mau pun swasta.Meski pun banyak hanya ada beberapa yang bener-bener kuat dan menjalani kaderisasi dengan baik,(kayak partai aja deh).Berikut ini daftarnya GENK SMA  Terkuat di Jogja versi saya lho...



sebelum masuk ke nominasi saya jelasin dulu,jika ada beberapa sekolah menduduki peringkat yg sama,maka rata2 kekuatannya sama.Penilaian diambil dari eksistensi mereka selama ini.Selain yang ada di daftar masih terdapat juga genk-genk sekolah lain yang relativ tidak begitu besar atau  baru sehingga tidak dimasukan dalam daftar seperti NCZ (sma 2),MBz(Man brp gt),NBZ (BOSA),STepiro,RGZ dll masih sangat banyak gag hafal aq....

no (7). REM (SMA 11),SMC (SMA 4),RVR (SMA 5)

REM dan SMC merupakan genk yang sudah agak lama eksis,sedangkan RVR belum-belum lama ini.Ketiganya punya hubungan yang cukup baik (sepertinya lho),kalo belum berubah REM n SMC merupakan aliansi yang udah lama bersahabat.RVR sebelumnya punya nama MIB

Musuh dari sekolah REM dan SMC adalah  GNB (SMA 6),GNZ (SMA 9),CBZ (SMA 8),kalo REM juga musuhan satu lagi ama SMUTEN (SMA 10).

 GNZ (SMA 9),CBZ (SMA 8)

GNZ dan CBZ juga merupakan aliansi yang sudah cukup lama terjalin (lagi2 kalau belum berubah),kebetulan musuh mereka kebanyakan juga sama seperti Ranger (Muha),REM,SMC dan RVR.
khusus untuk GNZ,juga bermusuhan dengan SMUTEN.

Untuk GNZ sendiri musuh bebuyutannya adalah OESTAD (MUHI),dulu pernah ada sebuah kejadian dimana anak SMA 9 ada yang sampai terbunuh oleh OESTAD.Sejak saat itu permusuhan diantaranya semakin menjadi-jadi.


(6) GXR (Muhammadyah 3)

Yang satu ini berasal dari wilayah Tengah Jogja.GXR termasuk salah satu yang punya masa cukup banyak.Kelompok ini menjalin hubungan baik dengan Ranger juga Oestad.
Musuhnya SMUTEN,BBC (Depok 1)

STEMSA (STM 1)

Sekolah yang satu ini sebenarnya punya potensi cukup besar untuk jadi no 1 di jogja,soalnya murid-muridnya cowok semua dan buanyakkk...Tapi dalam beberapa kesempatan (berarti pas saya SMA dl) dan pengamatan,kelompok ini masih belum bisa mengembangkan potensi yang dimiliki,(seperti penggalangan massa dll).

RIB (Bopkri dua)

RIB singkatan dari Revolution in Boda,genk ini berbasis di sma bopkri dua.Sekolah ini sering sekali ganti-ganti nama genk,bahkan di dalamnya terkadang terdapat dua kelompok yang berbeda,dulu ada Pastor (pasukan siap tempur) dan Bozer,gag reti apa artine.

Kemudian keduanya melebur jadi satu,ato yang satu bubar,juga gag reti saya dan cuma ada satu kelompok sekrang disana yaitu RIB.Musuh dari sekolah ini sebenarnya cukup berat yaitu Oestad muhi,keduanya benci abis satu sama lain.

Nama RIB tidak terlalu diperhitungkan (kuat sih kuat cuma bukan yg terkuat) sampai sebuah peristiwa menjadikan mereka bahan pembicaraan.Apa lagi kalo bukan kasus perkelahian mereka dengan RGZ (gama) yang menyebabkan satu orang tewas.

Salah seorang anggota RIB menggunakan arit (yg dipakai memotong rumput) melukai anggota RGZ ketika keduanya berkelahi.Akhirnya salah seorang RGZ menghembuskan nafas terakhirnya,Sejak saat itu nama RIB menjadi bahan pembicaraan.Tapi belum mampu membawa sekolah ini dalam daftar terkuat ,lima besar saja tidak,soalnya menjadi yang terkuat bukan berarti harus membunuh orang lain :)



Selanjutnya adalah The Big FIve High School Gank in Jogja

(5) BBC (SMA Depok 1)

Merupakan sekolah terkuat di daerah Sleman (mayoritas yang kuat emang di wilayah kota Jogja),kelompok ini sudah cukup lama berdiri dan eksis di dunia kenakalan SMA Jogja.BBC sering memberikan perlawanan yang berat bagi musuh2nya,sekolah ini tidak segan berhadapan dengan sekolah besar seperti Ranger yang punya massa lebih banyak.

BBC berteman baik dengan CBZ,GNZ dan sekolah2 Sleman lainya,musuh lainnya adalah RVR dan SMUTEN.


(4) GNB

GNB is a legend,yeah itu penilaian obyektif yang bisa saya berikan.Selama bertahun-tahun sekolah ini merajai  
dunia SMA jogja,bahkan sering disebut yang terkuat.Dahulu konon katanya yang paling kuat di Jogja adalah OESTAD,GNB n JB (de Britto yg skrg udah ga eksis lagi genknya).

Musuh bebuyutan GNB adalah Ranger,Oestad,SMUTEN,ketiganya merupakan kelompok yang besar dan ditakuti.Selain itu juga bermusuhan dengan REM dan SMC.Yang unik dari sekolah ini,tidak mengadakan aliansi dengan sekolah mana pun (kayaknya c).

Khusus dengan Oestad,dahulu pernah terjadi permusuhan namun terus damai dan baru-baru ini permusuhan tersebut kembali mencuat.Puncaknya terdapat alumni sma 6 yang meninggal diduga akibat korban kekerasan dari Oestad.Sampai sekarang kasusnya ga jelas (gag ngikutin juga soalnya) dan membuat dua sekolah tersebut semakin bermusuhan.

(3) Ranger (Muha)

Yang satu ini sering menjadi pimpinan atau panutan dari sekolah-sekolah lain,kalo aq bilang Ranger kadang memposisikan diri sebagai pemimpin dari sekolah yang beraliansi dengannya seperti GXR,REM,SMC,RVR Respect dll.Dulu kayaknya cukup banyak sekolah yang beraliansi dengan Ranger.

Jaman dulu sering kali Ranger memimpin sekolah2 lain nyerang musuh-musuhnya,kayak dulu pas nyerang BBC,gag tau tu ada berapa sekolah yang pada ikut2n.Ranger masanya banyak banget,sekolahnya aja terdiri dari 10 kelas 1 angkatan,10 kelas itu muridnya sekitar 35-40,yang co ada...ahh itung sendiri aja....

Musuh bebuyutan sekolah ini adalah GNB,BBC dan SMUTEN,selain itu pernah dikabarkan terlibat konflik dengan OESTAD.Ranger dan Oestad agaknya menjaga posisi netral diantara keduanya,maka dari itu kadang ga jelas musuhan apa enggak.

(2) SMUTEN

This is the new icon of high school ganks,SMUTEN adalah icon baru genk sma di daerah Jogja.Kelompok ini baru berdiri sekitar pertengahan 2006 jauh lebih muda dibandingkan dengan kelompok lain yang udah lama eksis.

Jumnlah massanya kayaknya tidak terlalu banyak,cuma terdiri dari 5 kelas aja jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan OESTAD,GXR mau pun RGR,namun jangan ditanya kemampuan bertarungnya.Walau pun sedikit banyak yang nekat-nekat n jago berkelahi disimi.Gag tau kenapa musuhnya juga banyak banget,Big Five (selaen dia sendiri) jadi musuhnya semua,selain itu juga bermusuhan dengan REM,STEMSA,GXR,RVR,GNZ dan genk2 kecil.lainya.

kabarnya kendati sering tertangkap polisi,sangatlah jarang ada anak SMUTEN yang dikeluarkan dari sekolahnya.Fakta yang menarik lainnya,meski memiliki genk yang cukup besar,SMA 10 bukanlah merupakan sekolah yang muridnya bodo2,bahkan ketika kelulusan sekolah ini sering menempatkan diri dengan angka kelulusan tertinggi di daerah jogja.

Berbagai macam aksinya membuat sekolah ini terkenal seperti ngobrak abrik angkringan atau warung tempat nongkrong mush mereka (padahal yg jual slh apa cb).Terlebih lagi jika terdapat pertandingan basket atau futsal yg melibatkan mereka,hampir bisa dipastikan terjadi keributan.

Belum lama pas pertandingan DBL kalo gag salah,Smuten terlibat perkelahian dengan GNB di dalam stadion dan BBC di laen hari.Kabarnya SMUTEN berhasil ngalahnin pasukan BBC waktu itu pertarungan terjadi di parkiran GOR UNY.Selain itu di sepanjang perjalanan pulang ato berangkat berhadapan dengan GXR,duuh mw baskte apa kelahi...

Nama SMUTEN di kalangan EO penyelenggara basket n futsal sudah cukup terkenal,bagaikan buah simalakama,kalo mereka diundang pasti yang datang banyak,tapi saat itu juga rawan terjadi kekerasan.Hal senada juga dirasakan oleh pihak kepolisian,bahkan katanya pernah suatu ketika terdapat anggota polisi yang terluka akibat mencoba mengamankan perkelahian Smuten dengan sekolah lain.

Kekuatan SMUTEN saat ini cukup diakui dan diperhitungkan di kawasan Jogja,hal ini menghantarkan mereka di posisi 2,namun bukan yang terkuat.


1.OESTAD

jreng...jreng...inilah yang saya anggap paling kuat di jogja,OESTAD MUHI.Kelompok ini sudah lamaa sekali berdiri dan senantiasa menjaga konsistensinya.Jumlah massa kelompok ini jangan ditanya,sangat banyak,dulu kalau Oestad konvoi suasananya sudah seperti orang layatan,soale banyak banget.

Kelompok ini diakui oleh sekolah-sekolah lain eksistensinya,agak jarang ada genk-genk kecil baru yang berani mengajak Oestad bertarung (kecuali SMUTEN).Mau orang tua apa remaja pasti tau yang namanya Oestad.Bahkan beberapa genk SMA di jakarta juga mengenal Oestad.

Oestad terkenal salah satunya akibat beberapa kasus perkelahian yang menyebabkan hilangnya nyawa dari kelompok lain.Tercatat sudah dua kali terjadi kasus dimana ada anak Oestad yang diduga menghilangkan nyawa orang lain,hiiii ngeri kan

Musuh dari Oestad adalah GNB,SMUTEN,Ranger,selain itu mereka juga agak rasis dengan sekolah non muslim,jadi juga bermusuhan dengan NBZ (Bopkri 1),RIB (Bopkri 2).
Tapi perlu digaris bawahni,Oestad menduduki peringkat puncak bukan karena ada yang meninggal di pihak lawan
Jumlah massa,konsistensi,kekuatan dan sejarah kelam Oestad telah membawa sekolah ini menduduki peringkat puncak dari genk SMA JOGJA.Menurut saya belum pernah ada sekolah yang mampu menandingi pencapaian Oestad selama ini.GNB dulu jagoan sekarang agak berkurang,Ranger juga mengalami sedikit penurunan kekuatan,Smuten masih belum pny sejarah panjang.

Selesai juga akhirnya,skali lagi daftar di atas merupakan hasil dari pengamatan saya,masih  ada kemungkinan perubahan misal e sekolah ini skrg udah gag musuhan ma yg itu,yg itu udah gag temenan ma laennya,bla.bla..bal dll...

Sering disebutkan di blog mau pun web2 tertentu yang mengatakan kalo genk-genk sma ini berkelahi gara-gara rebutan pacar,anggapan tersebut keliru dan sangat bodoh.Terdapat kode etik tersendiri untuk tidak berkelahi gara2 wanita,genk-genk sma yang besar2 (kalo yg gurem kagak reti) sudah sejak lama mempraktekan hal ini.

Kemudian banyak juga yang menyebutkan,entah di blog,web mau pun forum-forum kek kaskus kalo genk-genk sma di jogja merupakan afiliasi kepanjangan tangan dari genk-genk yang laen,kayak Oestad itu ngikutnya Joxzin,yg laen apa ngikutnya QZR,jaman dulu c mungkin seperti itu tapi pada era sekarang tidaklah benar,itu mah informasi jamaaaan jaduul.
Sekarang semua sekolah berdiri sendiri dan bertarung demi harga diri mereka sendiri..gag terikat ma kelompok mana pun,di luar sekolah.Cuman yang agak disayangkan,sering kali bersikap pengecut jika kalah berkelahi kemudian melaporkan ke polisi.Tindakan pecunang tersebut sering kali dilakukan dan sangat mengotori dunia persilatan sma...

Sekian dulu deh,berkelahi boleh aja,namanya juga anak muda,cuma laen kali masing-masing genk perlu buat menjaga diri,agar tidak jatuh korban jiwa.Apa untungnya kalo ada yg meninggal coba?hehe..:)














38 komentar:

  1. mr x says:

    nambahin om

    Genk SMA NEGERI di jogja :

    SMA 2 Jogja — Nocazta (NCZ)
    SMA 3 Jogja — Tentara Nasional TigaBhe (TNT)
    SMA 4 Jogja — Sunday Morning Cartoon (SMC)
    SMA 5 Jogja — Roever (Republik Five Revolution)
    SMA 6 Jogja — dulu DEPAZTER (Depan Pasar Terban) skarang ada yang baru GNB
    SMA 7 Jogja — G B Z
    SMA 8 Jogja — CanteenBoyZ (CBZ)
    SMA 9 Jogja — Sagan Zatoe (GANZA)
    SMA 10 Jogja — SMUTEN
    SMA 11 Jogja — Ras Eleven Mania (REM)
    SMA GAMA — Regazt (RGZ)

    Genk SMA SWASTA di Jogja :
    SMA BOPKRI I —- NIGHT BOY (NBZ)
    SMA BOPKRI II —- PASTOER (PST) pejuang + BOZER (BZR) pecinta , dan berubah menjadi "Revolution In BODA" (R.I.B)
    SMA Santo Mikael —- Saint Michael Commando ( SMICK)
    SMA Sang Timur —- MALIBU (MLB)
    SMA PIRI 1 — R O P
    SMA Muhamadiyah 1 — OESTAD
    SMA Muhamadiyah 2 — RANGER (RGR)
    SMA Muhamadiyah 3 — GRIXER (GXR)
    SMA Muhamadiyah 7 — RESPECT (RSP)
    MAN 1 Yogyakarta — GAZTA (GZT)
    MAN 2 Yogyakarta — MANUFER (MNF)
    MAN 3 Yogyakarta — Moeslem Battle Zone ( M B Z )
    SMA Kolese De Britto — LBD , LPZ (Laki-laki Penuh Doza), HIPPIES
    SMA Bopkri Banguntapan — PBZ
    SMA Pangudiluhur —- HAMMER (HMR)
    SMA GAMA (Gadjah Mada) —- Gadjah Mada Hooligans (GMH)

    Genk DAERAH SUB URBAN kota Jogja :
    SMA Banguntapan Bantul — B G Z
    SMA 1 Kalasan — Social (SOC’S)
    SMA 1 Prambanan Sleman - (Remaja Sosial Penuh Canda Tawa (RESPECT)
    SMA 2 Ngaglik Sleman — Depan Blakang Zawah (DBZ)
    SMA 1 Depok Sleman —Barikade Bocah Cuek (BBC)
    SMA 1 Ngemplak Sleman — PLAZA
    SMA 1 Ngaglik Sleman — Serdadu Mania Satoe Ngaglik (SMG)
    SMA 1 Sedayu —- Squad Negeri Satu Sedayu (SUNSED)
    SMA 1 Turi —- CTZ
    SMA 1 Mlati —- CMS
    SMK 1 Seyegan —- BOSSE
    SMK Piri Sleman —- MAERMOZE (MMZ)
    SMA 1 Pakem —- Planet Itam (P.I)
    SMA 1 Kasihan / Terto —- SECTOR
    SMA 2 Sleman —- SNEROZ
    SMA 1 Sewon —- SMASE
    SMA 2 Bantul —- EXSCO / ROOSTER
    SMA 3 Bantul —- STIMCO
    SMA 1 Jetis —- BRIJETZ
    SMA Muhammadiyah 1 Bantul —- BEMZET
    SMA Stella Duce Bantul —- Squad Independent (SAINT)_
    Genk SMK/STM di jogja :
    SMK N 2 Yogyakarta — STEMSA
    SMK N 3 Yogyakarta — Revolution Zetis Loro VOZTER (VZR)
    SMK Pembangunan Yogyakarta — Xtra Trouble Maker (XTM)
    SMK Muhamadiyah 3 — MORENZA (MZA)
    SMK Piri 1 Yogyakarta — STEPIRO

  1. zendha says:

    wah daftarnya ternyata banyak banget..
    cuma pertanyaannya beneran aktif ato cuma sekedar coret2n saja...???

  1. Anonim says:

    dari daftar gank sma negri yang gak ada cuma sma 1

  1. zendha says:

    mungkin emang ga ada..hehe

  1. Anonim says:

    mau genk apa ke ato apa . yang jelas kota tersebut masa depan suram

  1. kok jadi kota nya yg masa depane suram?

  1. Nambahin plus koreksi ya
    SMA PIRI 1 angkatan ganjil Geriezt (generation piri berzatu)
    angkatan genab Repiezt (republik piri zatu)
    skedar info repiezt sudah ada dulu sblumnya
    dan geriezt lahir pas angkatanku 2011
    dan nama sblum geriezt adlah PIT (pasukan siap tempur)
    ROP itu SMA PIRI 2

    ohya SMA 1 teladan Jogja juga ada geng namanya KAndji TEjo (kawanan siji teladan jogja)

    kethek GRZ 2k11

  1. Anonim says:

    udah pernah denger geng dari kudus lom , kalo namanya nya lom ganti , the shifu , ndak banyak jumlahnya cuma 3 kelas aja dari SMAN 1 MEJOBO ,

    anggotanya Pada Kebal Bacok, Saya pernah lihat sendiri waktu Musuhan sama orang kampung , 5 anggotanya pada di bacokin ndak ada yang luka , bahkan ada yang di timpa batu kepalanya , tapi ndak luka sedikitpun ,

    semua murid nya juga LULUS 100 Persen,

    Menurut om masuk Jajaran berapa Tuh

    Coba kalo Berantem sama geng OESTAD wah pasti seru abis.

    setau saya mereka Suka ikutan kalo ada Gladi Kanuragan di daerah Jekulo dan Menara Kudus .

    geng ini hanya bertahan 3 tahun saja , karena setelahnya tidak ada pengkaderan

    tahun 2000 - 2003

  1. kamen rider zx says:

    daftarnya kan cuma buat daerah jogja aja...

    kl daerah laen dimasukan,skalian dbwt peringkat seIndonesia,tp nilainya dari mn?

  1. Anonim says:

    skolah ane masuk tuh SMUTEN :D
    kalo yang kudus itu pake ilmu2 hitam om
    ane sering denger juga
    kalo di jogja yang pake bgituan jarang , meskipun ada sih

    penilaiannya kalo daerah laen di masukin mungkin blom ada ya
    soalnya blom pernah "tempur" antar kota gitu.
    mungkin ada saatnya, tapi ntah kapan

  1. Anonim says:

    OESTAD ! awkwakwakaw
    WE ARE STRONGER !
    tp saya sudah alumni

  1. Anonim says:

    SMUTEN yeahhh

    penjelasan bozer tuh artinya boda zerentak bro, itu jaman e mas lanang le nyekel putrane trah abdi dalem juga haha

    semoga jogja do kurang lah le do gelut wkwk, nice share info gan

    kalo sekolah jogja yang dulu terkenal pake gituan tuh roever gan, itu jaman e angkatanne si jack 09

  1. husein says:

    dulunya saya anak smuten. lulus 2005. jadi ya, kalo bisa dikatakan kemunculan (kembali) geng di smuten itu adek kelas saya persis.

    yang mana nggak bikin saya bangga. kampret. misal kalian lulus sma tapi masih takut lewat beberapa jalan hanya karena disana sering lewat anak sekolah laen itu tolol bgt.

    gagah itu bukan dari kalian berani berkelahi, tapi gimana kalian bisa pakai otak.

    walah le.

  1. Anonim says:

    apaan tu yg comment cm smuten tok,smuten anjing...
    sekolah kecil kyak sampah

  1. Anonim says:

    ada 1 lg genk keren aliansi dari sma smk negri dijogja. namanya FRHZ (Farohis)forum antar rohis. genk ini yang menyatukan semua sekolah negri djogja.hahah

  1. bomby says:

    Masa sih geng nya SMA3 (TNT) udah bubar katanya?

  1. Anonim says:

    wah wah, hargai anak muda yang sedang mencari jati diri.
    tawuran ora masalah, seng penting tetep sekolah seng bener.

  1. Anonim says:

    bro, saiki oestad musuhan dengan ranger.
    dan ranger, grixer kayaknya udah musuhan dengan rvr

  1. Anonim says:

    NBZ juga genk lama sob... dan dulu angkatanku ga pernah absen tawuran.. hehee
    skedar info sih.. udah tua nih, mengingat jaman sma dulu.

  1. Anonim says:

    kudune tawurane ki nggo aturan. kudu open fight. dan yang kalah tidak boleh lapor polisi. dan tidak boleh dengan senjata tajam maupun benda keras. ra koyo saiki tawuran mung do bandem2an neng dalan malah ganggu pengguna jalan ro masyarakat. alhasil do digebuki ro wong kampung. genk sma neng jogja durung parah koyo jakarta ro makasar.

  1. zero says:

    Udh ga ngikutin lg,jd yg paling jago yg mana ga reti skrg...tp kmrn wkt turnamen futsal,genk2 yg gedhe pd ktm tp ga melakukan apa2 (biasanya kan rusuh)..apa emng dh ga ada lg ya tawuran sma t?hhaha

  1. Anonim says:

    LPZ dan LBD tinggal kenangan...
    dulu partner sparringnya GNB

  1. Anonim says:

    coba visit http://bit.ly/wKbdc8

  1. nice gan, visit punya ane juga yaa :)

  1. Anonim says:

    HOOLIGANS identik dengan kekerasan.
    Sekolah yang pake kata HOOLIGANS tapi gak berkelahi, itu sama aja omongkosong. Hapus aja tuh kata HOOLIGANS dari sekolah kamu!

  1. ddb ! says:

    biasalah anak sma, toh kalo udah kuliah bakal sadar sendiri .. biarkan mereka mencari jati dirinya dalam kelompok, aku dulu juga begitu

  1. ternyata dibalik nama baik sebagai KOTA PELAJAR jogja juga terkenal sebagai KOTA GANGSTER

  1. Anonim says:

    rasah do tawur,. . .mending slentik2an wae cah,. . .

  1. Alumni says:

    NEXAZ SMA N 1 Sleman

  1. makasih sdh mencatumkan . SMA N 2 SLEMAN or SNEROZ(SRZ)

  1. Anonim says:

    GNB wes memble cah...rakono kabare blas.Wes tinggal kenangan

  1. artikel pembodohan !

  1. Anonim says:

    wee puki mna SMICK (Saint Michael Commando) !!!

  1. RGZ dulu dari awal berdiri sampe 2010 gak masuk daftar yah??? Kalo anak" SMA pada jaman itu pasti tau....
    Nambahin pendapat jg nih di Jogja tawuran pelajar masih dibilang biasa daripada di Jakarta contohnye boedoet
    Agak mendingnya di Jogja masih peduli masa depan mereka sehingga gak begitu menjadi bahan pokok
    Tapi semenjak para angkatan 2010 udah lulus tawuran pelajar di kota ini mulai meredup seiring tren dan kaim Urban di Jogja... CMIIW

  1. Anonim says:

    RANGER YK !!!

  1. Anonim says:

    CMS!!

  1. Anonim says:

    YEYYY!! CMS!!!!!!!! <3

leave comment or wall